cara install flutter di windows

Tutorial kali ini kita akan mencoba bagaimana cara install Flutter pada Windows 7.

Table of Contents

Flutter

what is flutter

Flutter adalah sebuah famework yang dirancang oleh Google untuk mebuat antarmuka (UI) untuk platform Android dan IOS..

Dengan mengambil konsep Single Codebase yaitu menulis sebuah program menggunakan 1 bahasa dapat menghasilkan aplikasi untuk platform Android maupun IOS (Cross Platrom) dan flutter juga mampu membuah aplikasi berbasi Web, sehingga developer tidak perlu lagi khawatir untuk memikirkan bagaimana membuat sebuah aplikasi pada platform yang berbeda.

Maka tidaklah heran Flutter kini digunakan oleh banyak developer untuk membuat sebuah aplikasi yang mendukung Cross Plaform.

Itulah sedikit penjelasan mengenai Flutter. Mari kita mencoba untuk menginstal fluter pada Sistem Opersi Windows 7.

Untuk menginstall Flutter ini kita perlu mendownload beberapa file, yaitu:

  1. Flutter SDK
  2. Android Studio

Mari kita mulai…!!!

Flutter SDK

Pertama, kita perlu mengunduh terlebih dahulu Flutter dengan mengunjungi link berikut ini, kemudian klik pada tombol biru yang dilingkari warna merah, ukuran donlowad file berkisar 646MB dan file dalam bentuk .zip.

Pada link tersebut sudah tersedia langkah-langkah yang harus dilakukan, namun pada tutorial kali ini akan membahas lebih detail bagaimana install flutter.

Cara install flutter

Setelah file selesai didownload, buatlah folder untuk menyimpan file yang ada didalam file download tersebut, kalian bisa juga menyimpan folder tersebut di drive C, D maupun E, tergantung keinginan masing-masing.

Pindahkkan file download tersebut kemudian klik kanan lalu pilih Extract Here.

Pada contoh ini saya akan menyinpan folder tersebut didalam Drive D karena jika saya ingin menginstal ulang sistem operasi komputer maka tidak perlu lagi memindahkan folder tersebut.

Cara install flutter

Setelah file terekstrak, langkah selanjutnya adalah setting Path Variable untuk Flutter tersebut.

Path Variable ini berfungsi untuk memanggil perintah-perintah yang ada pada Framework Flutter tersebut, sehingga perintah yang terdapat pada fluter dapat kita panggil dimana saja.

Berikut ini adalah langkah-langkah menambahkan setinggan pada Path Variable. Klik menu Windows lalu ketikkan path, kemudian pilih Edit environment variables for your account.

Cara install flutter

Kalian akan melihat menu Environment Variable, disana terdapat Path, pilih Path tersebut dan klik Edit untuk mengubah nilai yang ada didalamnya. Selanjutnya buka folder hasil ekstrak sebelumnya, didalamnya tedapat folder bin, copy path tersebut dan masukkan kedalam Path Variable, kemudia klik OK.

Cara install flutter setting path variable

Baiklah, kita telah selesai menambahkan Path Variable. Selanjutnya adalah download file android studio.

Android Studio

Kunjungi link berikut ini untuk mengunduh file tersebut, ukuran file berkisar 756MB. Setelah file selesai diunduh, install file tersebut dan ikuti instruksi yang ada pada saat instalasi. Proses instalnya juga cukup mudah dan setelah instalasi selesai, jalankan Android Studio tersebeut, kemudian klik menu flie > Settings makan akan muncul layar Setings.

Klik pada menu Plugins, kemudia ketik Flutter pada menu pencarian, maka akan mucul plugin Flutter, klik plugin lalu pilih Install.

Cara install flutter android studio install plugin

Pada saat klik Install akan muncul pemberitahuan untuk menginstall Plugin Dart juga, karena Plugin Dart merupakan satu paket dengan Flutter maka pilih Yes.

Cara install flutter android studio install plugin

Setelah install kedua Plugin tersebut, kita diminta untuk merestart Android Studio untuk memperbaharui plugin yang telah terinstall.

Akhirnya kita telah memasang kedua software tersebut, langkah terakhir mari kita cek apakah perintah flutter sudah dapat digunakan, yaitu dengan cara buka cmd kemudian ketik flutter doctor, maka cmd tersebut akan menampilkan hasil seperti beriku.

flutter doctor

Pada hasil tersebut terlihat bahwa terdapat 2 warning yaitu :

  1. Android license status unknown
  2. No devices available.

Untuk point pertama kalian bisa mengabaikan karena itu hanya peringatan tentang android sdk yang digunakan tidak diketahui lisensinya, dan peringatan terebut tidaklah telalu berpengaruh terhadap pembuatan project flutter nantinya.

Sedangkan untuk point no 2 yaitu No devices available itu dikarenakan komputer kita belum terdapat emulator android yang sedang berjalan. Meskipun kita telah membuat sebuah emulator android di Android Studio namun emulator tersebut belum dijalankan maka error tersebut akan muncul.

Mari kita buat sebuah emulator android, caranya yaitu pada Android Studio klik menu Tools > AVD Manager maka akan tampil layar berikut.

membuat emulator android

Selanjutnya klik Create Virtual Device, akan muncul layar baru untuk pangaturan emulator yang akan dibuat, kita ambil contoh device Pixel 2.

membuat emulator android

kllik next,

membuat emulator android

selanjutnya tentukan versi dari android yang ingin kita buat, jika kita telah mengunduh bebrapa versi API Google maka tulisan Downlod tidak akan muncul, dan jika muncul itu karena kita belum memiliki versi tersebut, disini saya telah mengunduh versi android Pie. Jika kalian ingin membuat versi android lain silahkan klik Download pada versi yang diinginkan.

Kemudia klik next untuk memberikan nama emulator jenis tampilan saat emulator dijalan, setelah itu klik Finish.

membuat emulator android

Kini emulator berhasil dibuat.

membuat emulator android

Untuk menjalankan emulator tersebut, klik tombol Launch pada pojok kanan kolom actions emulator.

membuat emulator android

Selamat sekarang kita telah memiliki emulator android.

Langkah selanjutnya kita buat sebuah project flutter. Pada Android Studio klik menu File>New>New Project Flutter

membuat project flutter

Pada layar Create New Flutter Project pilih Flutter Application kemudian next.

membuat project flutter

Tentukan nama project dan path project tersebut lalu klik next dan finish.

membuat project flutter

Maka project flutter akan otomatis terbuat.

membuat project flutter

Sekarang kita telah memiliki sebuah project flutter, pada saat kita membuat sebuah project baru maka didalamnya akan terdapat sebuah contoh aplikasi sederhana, untuk memastikan project flutter kita berjalan di emulator mari kita jalakan peoject tersebut dengan cara klik menu Run > Run, tunggu hingga hasil gradle selesai dan project flutter pertama berhasil.

membuat project flutter

Wowwwwww amazing, give around of applause.

congratulation

Selamat telah telah berhasil menginstal Flutter dan membuat project flutter pertama.

Sebagai tambahan informasi bahwa untuk menjalankan project android pada emulator diperlukan resource yang sangat besar sehingga dibutuhkan spesifikasi komputer yang tinggi, jadi untuk mempermudah didalam pembuatan aplikasi lebih baik menggunakan smartphone android sendiri, sehingga komputer tidak membutuhkan resource yang tinggi untuk menjalankan emulator, cukup kita sambungkan smartphone android ke komputer dan project tersebut akan dijalankan di smartphone tersebut.

Demikian untuk tutorial kali ini, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui tutorial lainnya mengenai flutter, kalian bisa kunjungi link berikut ini.

Advertisements
Share: